Tips Cara Menata Tata Letak Jendela Rumah dan Teralis Rumah Minimalis

Tips Cara Menata Tata Letak Jendela Rumah dan Teralis Rumah Minimalis - Di kota besar seperti Jakarta, sangat sering terjadi tindak kriminalitas. Bahkan dimulai saat melangkahkan kaki ke luar rumah. Banyak hal tidak terduga bisa mengancam jiwa seperti pencopetan, penjambretan, dan penodongan.

Tapi kriminalitas tak hanya terjadi di luar rumah. Kejahatan bisa masuk bahkan ke ruang paling pribadi di peraduan kita. Karena itu, jika tidak bisa melindungi diri di luar rumah, maka rumah tempat kita bersitirahat harus memiliki kenyamanan dan keamanan. Tidak ada salahnya jika mulai sekarang perhatikan sistem keamanan di rumah Anda.

Bagi kalangaan atas, mereka telah melengkapi sistem keamanan dengan alarm, atau pun tambahan satpam di depan gerbang rumah. Ini tentunya membutuhkan kocek yang tebal. Namun bagi kalangan menengah ke bawah, ada sistem keamanan yang murah dan dipastikan aman bagi penghuni di dalamnya. Yakni dengan memasang teralis di setiap jendela atau pun pintu rumah.

Teralis yang ada di pasaran terdiri dari tiga jenis bahan, sementara ukuran dan model sangat variatif. Tiga jenis bahan yakni besi, alumunium, dan baja. Besi termasuk di antara teralis yang sangat diminati oleh pemilik rumah karena selain perawatannya mudah juga kuat, dan yang terpenting adalah harganya terjangkau. Teralis besi yang diminati biasanya memiliki motif yang klasik yakni belah ketupat yang berjajar, atau pun bulat berjajar. Perawatannya hanya dengan mengecat dengan cat khusus untuk besi. Ini berfungsi untuk menghindari terjadinya erosi yang mengakibatkan karat. Harganya pun tergolong lebih murah di bandingkan teralis dari alumunium dan baja. Untuk jendela ukuran 1 x 1 meter seharga Rp 150 hingga Rp 200 ribu tergantung modelnya. Bila model lebih rumit maka harganya pun makin tinggi.

Untuk teralis alumunium, dari segi harga memang lebih mahal. Untuk jendela ukuran lebar 0,8 imeter dan tinggi 1 meter, dapat mencapai harga Rp 400 hingga 500.000. Ini khusus untuk motif klasik, jika memesan model lainnya biasanya akan dikenakan lagi ongkos pemesanan sehingga jatuhnya lebih mahal.

Teralis alumunium juga mudah dalam perawatan karena tidak berkarat dan untuk merawatnya hanya dengan dilap menggunakan lap kering. Hindari penggunaan lap basah karena bisa erosi. Namun mengingat fungsinya sebagai pengaman, teralis alumunium mudah untuk dipatahkan dengan gergaji besi oleh orang yang tidak kita inginkan. Ini dikarenakan sifat alumunium yang lunak. Sedangkan untuk teralis baja, sangat baik untuk pengamanan rumah. Selain karena lebih kuat dibandingkan besi dan alumunium, baja juga tahan karat. Meskipun dari segi harga, teralis baja lebih mahal.

Karena faktor kekuatannya, maka teralis baja juga dapat digunakan tidak hanya untuk jendela dan pintu saja, tapi juga dapat digunakan untuk teralis atap rumah di ruangan terbuka. Baca juga Tips Menata Ruang Kerja Di Rumah Minimalis Seperti Kantor.